Materi dasar tentang bilangan cacah ini merupakan pelajaran kelas dua SD. Pembelajar diharapkan mampu menjelaskan makna bilangan cacah, serta menentukan lambangnya merupakan kecakapan yang harus dikuasai pada pelajaran ini.
Selain itu pembelajar juga mampu membandingkan dua bilangan cacah. Membaca dan menyajikan bilangan cacah juga lambangnya berdasarkan nilai tempat denganmenggunakan model konkret.
Pembelajar juga mampu mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan dari yang terkecil hingga bilangan terbesar, begitupun sebaliknya.
Membaca dan Menulis Bilangan
Pada kelas satu SD, diperkenalkan bilangan mulai dari 1 sampai dengan 99. Di kelas dua, akan mempelajari bilangan yang nilainya lebih besar lagi yaitu mulai dari 100 hingga 999.
Menentukan Nilai Tempat
Perhatikan gambar berikut!
Bilangan 325 memiliki arti sebagai berikut:
Jadi, 325 = 300 + 20 + 5
Contoh:
425 = 4 ratusan + 2 puluhan + 5 satuan = 400 + 20 + 5
748 = 7 ratusan + 4 puluhan + 8 satuan = 700 + 40 + 8
Membandingkan Bilangan
Untuk membandingkan dua bilangan, digunakan lambang
‘>’dibaca ‘lebih dari’
‘<’dibaca ‘kurang dari’
‘=’ dibaca’samadengan’
Jika nilai ratusannya sama, maka bandingkan nilai puluhannya!
Jika nilai puluhannya sama, maka bandingkan nilai satuannya!
Contoh perbandingan:
248 … 217
200 = 200
40 > 10
8 > 7
Jadi, 248 > 217 dibaca 248 lebih dari 217
Mengurutkan Bilangan
Bandingkan bilangan berikut!
225 | 134 | 321 | 448 |
Penjabaran
Lambang Bilangan |
Ratusan | Puluhan | Satuan |
---|---|---|---|
225 | 2 | 2 | 5 |
134 | 1 | 3 | 4 |
321 | 3 | 2 | 1 |
448 | 4 | 4 | 8 |
Mengurutkan bilangan dari yang terbesar ke terkecil
448 | 321 | 225 | 134 |