Memahami Bilangan Cacah Beserta Lambangnya

Materi dasar tentang bilangan cacah ini merupakan pelajaran kelas dua SD. Pembelajar diharapkan mampu menjelaskan makna bilangan cacah, serta menentukan lambangnya merupakan kecakapan yang harus dikuasai pada pelajaran ini.

matematika kelas 2 sd


Selain itu pembelajar juga mampu membandingkan dua bilangan cacah. Membaca    dan    menyajikan bilangan cacah juga lambangnya berdasarkan nilai tempat denganmenggunakan model konkret.

Pembelajar juga mampu mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan dari yang terkecil hingga bilangan terbesar, begitupun sebaliknya.

Membaca dan Menulis Bilangan

Pada kelas satu SD, diperkenalkan bilangan mulai dari 1 sampai dengan 99.  Di kelas dua, akan mempelajari bilangan yang nilainya lebih besar lagi yaitu mulai dari 100 hingga 999.

matematika kelas 2 sd

matematika kelas 2 sd

Menentukan Nilai Tempat

Perhatikan gambar berikut!
matematika kelas 2 sd



Lambang bilangan 325 dapat dikelompokan berdasarkan nilai tempatnya.

matematika kelas 2 sd

Bilangan 325 memiliki arti sebagai berikut:

matematika kelas 2 sd

Jadi, 325 = 300  + 20 +  5

Contoh: 

425 = 4 ratusan + 2 puluhan + 5 satuan =   400 + 20 + 5
748 = 7 ratusan + 4 puluhan + 8 satuan =   700 + 40 + 8

Membandingkan Bilangan

Untuk membandingkan dua bilangan, digunakan lambang
>’dibaca ‘lebih dari’
<’dibaca ‘kurang dari’
=’ dibaca’samadengan’

Jika   nilai   ratusannya   sama,   maka   bandingkan   nilai   puluhannya!
Jika   nilai   puluhannya   sama,   maka   bandingkan   nilai   satuannya! 

Contoh perbandingan:

248 … 217
200  =  200
40  >  10
8  >  7
Jadi, 248 > 217 dibaca 248 lebih dari 217

Mengurutkan Bilangan

Bandingkan bilangan berikut!

225 134 321 448

Penjabaran

Lambang
Bilangan
Ratusan Puluhan Satuan
225 2 2 5
134 1 3 4
321 3 2 1
448 4 4 8

Mengurutkan bilangan dari yang terbesar ke terkecil

448 321 225 134
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama