Kekhasan Atom Karbon Beserta Strukturnya

Kekhasan atom karbon adalah memiliki empat elektron valensi, sehingga dapat membentuk empat ikatan kovalen dengan atom karbon maupun atom lainnya, menjadikan senyawa karbon banyak jumlahnya di alam. 

Materi ini merupakan pelajaran Kimia Kelas 11, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas kekhasan atom karbon dan strukturnya.

Uraian Materi

Senyawa karbon tersusun atas atom karbon dan atom-atom lain yang terikat pada atom karbon, seperti hidrogen, nitrogen, oksigen, dan atom karbon itu sendiri. 

kimia kelas 11

Hidrokarbon merupakan salah satu senyawa karbon paling sederhana dan sebagai komponen utama dari minyak bumi dan gas alam. Tentunya kita tidak asing lagi dengan gas elpiji yang digunakan untuk keperluan memasak.

Lantas apakah yang mejadi kekhasan dari atom karbon? Bagaimanakah atom karbon membentuk senyawa hidrokarbon? Dan bagaimanakah menggolongkan senyawa hidrokarbon? Mari kita bahas.

Kekhasan Atom Karbon

Ada 3 kekhasan atom karbon, seperti yang akan diuraikan berikut ini.

Atom karbon memiliki empat elektron valensi

Dalam mempelajari hidrokarbon, atom karbon (C) merupakan pemeran utamanya, karena memiliki karakteristik yang unik dibanding atom lainnya. Kekhasannya terletak pada kemampuannya membentuk rantai C yang Panjang.

Konfigurasi dari elektron atom C yang memiliki nomor atom = 6 adalah 6c : 1s2, 2s2, 2p2. Dari konfigurasi elektronnya bisa dinyatakan elektron valensinya = 4.


Penyebab dari peristiwa ini karena atom C memiliki empat elektron valensi yang bisa berikatan kovalen dengan atom sejenis atau atom lain.

Atom karbon membentuk ikatan jenuh maupun tak jenuh

Atom karbon bisa berikatan dengan atom karbon lain dan membentuk rantai  karbon melalui ikatan tunggal, ikatan rangkap dua ataupun ikatan rangkap tiga.

1. Ikatan tunggal, yaitu ikatan antara atom karbon dengan satu tangan ikatan ataupun sepasang elektron ikatan.

Ikatan Tunggal atom karbon


2. Ikatan rangkap dua, yaitu ikatan antara atom karbon dengan dua tangan ikatan atau dua pasang elektron ikatan.


3. Ikatan rangkap tiga atau ganda tiga, yaitu ikatan antara atom karbon dengan tiga tangan ikatan atau tiga ikatan pasang elektron ikatan.


Atom karbon membentuk rantai terbuka maupun tertutup

Atom C bisa berikatan dengan atom C lain atau yang sejenis, bahkan bisa juga membentuk rantai atom C bersifat alifatik maupun siklik.

1. Rantai alifatik atau terbuka, merupakan rantai yang antar ujung-ujung atom karbonnya tidak saling berhubungan. Rantai terbuka ada dua macam, ada yang bercabang dan ada yang tidak bercabang.


2. Rantai siklik atau tertutup, adalah rantai yang memiliki pertemuan antara ujung–ujung rantai karbonnya. Ada dua macam rantai siklis, antara lain rantai siklis dan aromatis.


rantai tertutup

Struktur Atom Karbon

Atom karbon memiliki kemampuan berikatan dengan atom karbon lain. Sehingga ada empat kemungkinan posisi atom C dalam keberadaannya di rantai karbon, antara lain:

  1. Atom karbon primer
  2. Atom karbon sekunder
  3. Atom karbon tersier
  4. Atom karbon kuartener

Atom karbon primer

Atom karbon primer atau C primer merupakan atom-atom karbon yang mengikat satu atom karbon lain. Coba perhatikan senyawa berikut! 


atom karbon primer

Pada struktur senyawa hidrokarbon tersebut, coba temukan ada berapa buah atom C. Bila diperhatikan struktur senyawa karbon di atas terdiri dari enam buah atom C. Sedangkan atom karbon yang berikatan dengan satu atom karbon lain ada empat buah, yang ditandai dengan struktur dalam senyawa berupa –CH3 (yang dilingkari pada gambar).

Atom karbon sekunder

Atom karbon sekunder atau atom C sekunder merupakan atom-atom karbon yang mengikat dua atom karbon tetangga. Coba perhatikan atom C yang ditandai pada senyawa berikut.

atom karbon sekunder

Pada atom C yang ditandai merupakan atom C sekunder, karena diapit oleh dua atom C yang lain

Atom karbon tersier

Atom karbon tersier atau atom C tersier merupakan atom-atom karbon yang mengikat tiga atom karbon tetangga. Contoh dari atom C tersier, seperti gambar senyawa dibawah ini.

atom karbon tersier

Senyawa diatas memiliki 1 atom C tersier, karena diapit oleh tiga atom C lain.

Atom karbon kuarterner

Atom karbon kuartener dilambangkan dengan 40, merupakan atom-atom karbon yang mengikat empat atom karbon lain disebelahnya. 


atom karbon kuartener

Pada gambar senyawa diatas, nampak satu atom C kuartener diapit oleh empat atom C lain.

Itulah pembahasan mengenai atom karbon. Pada kesempatan lain akan dibahas penggolongan dan sifat hidrokarbon. Tetap semangat.


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama