Pernyataan Umum dalam Teks Prosedur

Materi ini merupakan pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA. Tujuan dari pembahasan ini, diharapkan pembelajar mampu mengonstruksi informasi dari pernyataan-pernyataan umum dalam dalam teks prosedur dengan, cermat, dan bertanggung jawab, serta bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Teks Prosedur

Teks Prosedur merupakan teks yang berisi cara, serta tujuan untuk menciptakan atau mengerjakan  sesuatu hal dengan langkah yang tepat secara berurutan dan pada akhirnya bisa sesuai dengan suatu tujuan yang diinginkan. 

Bahasa Indonesia Kelas 11

Teks prosedur sering terdapat pada tulisan yang berisikan cara, tutorial atau tips dalam melakukan langkah tertentu. Oleh karenanya didalam teks prosedur menggunakan kata imperatif atau kata perintah, agar pembaca melakukan sesuai apa yang dibahas dalam teks tersebut.

Misalkan kita sedang mencari artikel atau tulisan cara membuat website di internet, maka pada tulisan yang kita temukan akan berisi langkah demi langkah bagaimana cara membuat sebuah website. Tutorial yang disajikan harus berisikan langkah secara berurutan, sehingga pembaca bisa mengikuti tutorial tersebut.

Tujuan Teks Prosedur

Tentu saja tujuan dari teks prosedur adalah untuk memudahkan pembaca ataupun pendengar untuk bisa mengikuti langkah atau perintah dari isi teks, sehingga pada akhirnya bisa sesuai dengan keinginan pembaca ataupun pendengar.

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Ada tiga jenis teks prosedur terdiri atas tiga jenis, diantaranya teks prosedur sederhana, kompleks, dan protokol. Berikut penjelasanna.

1. Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana berisikan langkah-langkah sederhana yang biasaya hanya terdiri atas 2 hingga 4 langkah saja dalam melakukannya. Contohnya, bagaiman cara login Instagram, membuka WA, facebook, twitter, dan sebagainya.

2. Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks berisikan banyak langkah dalam melakukannya. Contohnya saja, tulisan mengenai cara membuat keripik singkong, cara pembuatan SIM, cara balik nama STNK, prosedur pembuatan paspor, dan sebagainya.

3. Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol merupakan teks yang pada setiap langkahnya bisa diubah-ubah atau tidak harus runut. Walaupun berubah, namunhasil akhirnya tetap sama. Misalnya saja, jika kita ingin memasak mie instan, bisa merebus langsung dengan memasukan mie dan bumbu kedalam air rebusan sekaligus, atau bisa juga memasukkan air panas ke dalam wadah yang berisi mie lalu memasukkan bumbu.

Pernyataan Umum dalam Teks Prosedur 

Pernyataan atau penjelasan umum merupakan pembuka dalam teks prosedur, yang berisi tujuan atau hasil akhir yang akan dicapai jika mengikuti langkah-langkah yang ada pada teks tersebut. Sedangkan, tahapan-tahapan ialah prosedur yang harus atau wajib diikuti agar bisa mencapai tujuan dengan tepat.

Contoh Teks Prosedur

Cara Membuat Magnet dengan Sentuhan (Menggosok)

Tulisan ini ditemukan pada salah satu artikel detik.com, yang berisikan tentang bagaimana merubah sebatang besi atau baja menjadi magnet yang memiliki sifat menarik besi. Cara yang akan dilakukan disini dengan menggosokan sebuah kutub magnet pada sepotong besi atau baja secara berulang dan searah. Besi dan baja yang digosok tadi akan menjadi magnet, akibatnya magnet aslinya akan kehilangan sifat magnetnya. Berikut langkah-langkah untuk bisa mengubah besi menjadi magnet:

Alat dan bahan yang diperlukan:

  1. Satu buah besi atau baja
  2. Satu buah magnet tetap

Langkah-langkahnya:

  1. Peganglah magnet tetap, kemudian gosokan ujung magnet tersebut pada sepanjang permukaan batang besi atau baja.
  2. Cara menggosoknya satu arah dan dilakukan dengan berulang-ulang kurang lebih selama lima menit.
  3. Lalu dekatkan besi atau baja yang sudah digosok-gosok tadi pada jarum. Jika jarum bisa ditarik, maka besi tersebut telah menjadi magnet.

Itulah cara untuk merubah batang besi atau baja dengan cara menggosokannya pada magnet.

Pada contoh teks prosedur di atas ada bagian yang mengungkapkan pernyataan-pernyataan umum, seperti sifat magnet yang mampu menarik besi, dan sifat menarik besi itu tidak dimiliki oleh sebatang besi atau baja. Oleh karenanya apabila kita ingin merubah sebatang besi menjadi magnet, harus mengikuti langkah-langkahnya.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama