Teks Deskripsi : Pengertian, Struktur, dan Contoh

Kata deskripsi diambil dari bahasa latin yakni describere yang memiliki arti menggambarkan atau memberikan suatu hal. Didalam bahasa Inggris kata description terkait dengan kata to describe yang berarti melukiskan.

Jadi, teks deskripsi merupakan teks yang memberikan gambaran tentang objek, tempat, atau peristiwa yang bisa dilihat, didengar, atau dirasakan oleh pembaca. Penulis melakukan pengamatan melalui panca indra dan pengalaman, sehingga pembaca bisa mendapatkan gambaran terhadap sesuatu berdasarkan apa yang dilihat, dirasakan, dan diraba oleh penulis.

teks deskripsi


Struktur Teks Deskripsi

Struktur teks deskripsi dibagi menjadi tiga, diantaranya; identifikasi, deskripsi bagian, dan simpulan. Berikut uraiannya.

Identifikasi

Identifikasi merupakan tahapan awal yang memuat gambaran umum objek yang hendak disampaikan oleh penulis. Misalnya saja, mencari objek berdasarkan lokasi, sejarah, makna nama, dan pernyataan umum.

Deskripsi 

Pada bagian kedua ini berisikan uraian tulisan yang berdasarkan tanggapan subjektif si penulis. Teks deskripsi ini memberikan penjelasan mengenai yang dilihat, misalnya bagian, komposisi warna, dan kesan penulis mengenai objek tersebut. 

Lalu menggambarkan juga apa yang didengar, misalnya dengan membandingkan antara suara burung gagak dengan suara dari jenis burung lain. Selain itu penulis juga merincikan apa yang dirasakan penulis dengan mengamati objek.

Jenis Pengembangan Deskripsi Bagian

  • Deskripsi bagian berdasarkan ruang. Berisi perincian bagian-bagian ruang objek yang dideskripsikan. Misalnya, penulis mendeskripsikan bagian pintu masuk, bagian tengah, bagian belakang). Perincian ruang juga dapat menyebut nama ruang-ruang beserta dengan ciri-cirinya. 
  • Deskripsi bagian berdasarkan anggota bagian-bagian objek. Berisi perincian bagian-bagian yang dideskripsikan (pantai digambarkan bawah lautnya, bibir pantai, ombak dan pasirnya, pemandangan tumbuhan dan hewan pantai). 
  • Deskripsi bagian berdasarkan proses sesuatu berlangsung. Berisi perincian bagian awal, mulai meningkat, puncak (inti), penutup. Misalnya, penulis mendeskripsikan awal pementasan, puncak adegan, mulai meluruh, dan penutup. 
  • Deskripsi bagian berupa pemfokusan. Berisi bagian yang paling disukai dari bagian yang dideskripsikan. Contoh: Bagian yang paling saya sukai dari perpustakaan ini adalah ruang bacanya. Desain unik dengan cat cerah memberikan kenyamanan yang luar biasa pada pengunjung.

Simpulan 

Simpulan merupakan tahap terakhir yang berisi kesan umum penulis pada objek yang dideskripsikan.

Menyimpulkan Prinsip Penggunaan Kata/ Kalimat Pada Teks Deskripsi

Penggunaan Kalimat Perincian untuk Mengonkretkan

  • Kalimat: Badak bercula satu merupakan salah satu hewan yang hanya bisa ditemukan di Indonesia.
  • Kalimat perincian untuk menjelaskan: Binatang ini bermoncong panjang dan memiliki lubang hidung yang besar. Badannya besar dan berotot.

Penggunaan Kalimat yang Menggunakan Cerapan Pancaindra 

Teks deskripsi berisi kalimat yang seolah-olah dapat dilihat, didengar, dan dirasakan. 

  • Seolah melihat: Ombak putih berbuih, bergulung-gulung.
  • Seolah mendengar: Debur ombak pantai terdengar berirama.
  • Seolah merasakan: Minuman segar kelapa muda menghapus rasa haus.

Contoh Teks Deskripsi

Keindahan Alam Indonesia yang Mendunia

Indonesia menjadi negara yang memiliki amat banyak kekayaan alam dari Sabang hingga Merauke. Keindahan alamnya, tidak dapat menandingi keindahan alam manapun di seluruh belahan dunia. Keindahan alam di Indonesia sangat mempesona, menjadikan banyak wisatawan asing ingin berkunjung. Keindahan alamnya mulai dari daratan hingga lautan, sangat indah dan patut untuk dikunjungi.

Alam Indonesia ini sudah tersohor ke seluruh dunia. Keindahan pantainya yang terbentang dari timur hingga barat. Kekayaan dan keindahan bawah laut Indonesia turut menjadi pesona. 

Hal itu yang menjadikan banyak wisatawan memilih untuk berkunjung dan menikmati indahnya kehidupan bawah laut di Indonesia. Beberapa tempat ini merupakan destinasi yang sering dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia, antara lain Bali, Raja Ampat, dan Manado.

Selain pantai dan lautnya, Indonesia juga memiliki banyak flora dan fauna langka, juga menjadi negara dengan hutan terbesar di dunia. Indonesia digadang-gadang sebagai paru-paru dunia karena sepertiga hutan yang ada di dunia ini berada di Indonesia. 

Indonesia begitu kaya dan indah. Sudah sepatutnya kita menjaga dan melestarikan kekayaan yang ada. Bisa memulainya dengan hal kecil, contohnya tidak membuang sampah sembarangan. Dengan lingkungan yang bersih, tentunya akan menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi makhluk hidup di sekitarnya.

Penjelasan struktur:

Judul: Menyatakan keindahan alam Indonesia yang telah mendunia.

Identifikasi/ Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks memberikan penjelasan gambaran umum amat banyaknya kekayaan alam Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Keindahan alam ini yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia.

Deskripsi Bagian: Secara lebih rinci penulis memberikan gambaran mengenai keindahan alam Indonesia pada paragraf 2, 3 dan 4. Secara detail penulis menyebutkan  mengenai keindahan bawah laut, destinasi yang sering dikunjungi, hingga kekayaan hutan.

Simpulan/ Kesan: Simpulan serta kesan dari teks bisa dilihat pada paragraf 5 dengan mengajak pembaca untuk sama-sama menjaga dan melestarikan kekayaan alam Indonesia.


Demikian pembahasan mengenai teks dreskipsi, semoga pembahasannya bisa menjadi modal untuk berlatih di rumah. Aamiin.. 🙏

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama